Kamu punya caramu. Ini caraku.

Senin, Juli 17, 2017

Aku Tau Kabarmu Baik

Kau terlihat lebih wibawa kali ini.
Walau bukan dengan jaket kulit dan sepatu converse limited edition kesukaanmu.
Dengan jas berdasi pun, pesonamu tetap memacu tatapan.
Cara bicaramu tak seperti dulu, saat kau bilang aku cantik tapi lugu.
Gaya bahasamu sopan tak pandang siapa lawan bicara.
Kabarmu tampak baik.
Kurasa aku tak perlu menanyakannya karna tersirat jelas dari caramu tersenyum memberikan segelas minuman untuk temanmu.
Oh ya entah teman atau saudara. Entah temen dekat atau jauh. Entah saudara dekat atau jauh.

Lama-lama aku paham. Dia yang kau beri segelas minuman, sama dengan dia yang kau beri seutuh hati.
Karna dia adalah cantik yang tanpa perlu kau jelaskan.

Salam bahagia.
Dari rasa rindu yang tak ingin bertemu.

Read More

Minggu, Juli 02, 2017

Buih.

"Bila cetak biru Siwa adalah samudra, Rama hanyalah buih. Walau cuma buih, ia menyatu dengan samudra. Inilah kemanunggalan." (Rahvayana, Sujiwo Tejo)

***

Pernah dengar tentang kausalitas terbalik? Seperti ayam dan telur, yang mana yang lebih dulu ada?
Beberapa orang percaya bahwa kausalitas mengalir sebaliknya, seperti kata Eric Weiner, demokrasi tidak mendorong kebahagiaan, tapi tempat yang bahagia lebih mungkin jadi demokratis.

Apa ini tentang ayam dan telur?
Ah tidak. Yang manapun yang lebih dulu ada, ayam dan telur sering menyatu jadi menu makan siang. Apa ini yang namanya kemanunggalan? Wkw

Apa ini tentang demokratis dan kebahagiaan?
Ah tidak. Mungkin demokrasi tidak mendorong kebahagiaan orang lain, tapi bersamamu aku bahagia yang membuat kita lebih mungkin menjadi demokratis dalam menentukan pilihan bersama.
                                      -KRIK-

Read More

Sabtu, April 29, 2017

Pada Akhirnya Kamu Tidak Wuuu

Lama tak bertatap hai angan tak bersayap.
Kamu tak punya sayap tapi bebas mengudara.
Kamu angan, kamu ada tapi tak dapat ditangkap.

Kenapa kamu pergi tanpa tau sejak itu pikiran ini tak pernah rapi. Mengharap ada yang kembali tapi tak kunjung ada ciri-ciri.
Rinduku hampir keluar lewat lidah sampai aku sadar yang tiada tak seharusnya dibawa rasa.
Aku tau keputusanku benar untuk memendam.
Dan aku tau sedikit memori tidak akan usil mengusik.
Kamu yang dulu suka bilang ala jargon Raditya Dika, "Ngopi dulu.. Kalau gak ngopi gak wuuu.."
Asal kamu tau sekarang rasa kopi yang aku teguk tidak se-wuuu saat ada kamu dulu.
Haha ingat kamu kadang lucu kadang pilu. Kadang wuuu kadang tidak wuuuu.

Tapi cukup.
Aku sudah bilang sedikit memori tentang kamu tidak akan usil mengusik. Karna hidupku masih asyik meski bukan kamu lagi yang berbisik dalam mimpi.

Read More

Kamis, April 27, 2017

Menemukan atau Mencari

Beberapa waktu yang lalu aku dihadapkan dengan pertanyaan yang sedikit 'klise'.

Awalnya, ada yang bertanya padaku, dengan kalimat permulaan "terserah kamu ya, ini persepsimu saja", "iya cuma masalah persepsi".

Lalu dia bilang, "menemukan atau mencari?"

Aku tidak mengerti apa maksud dari pertanyaan itu. Mungkin tidak perlu alasan yang cukup jelas juga untuk bisa menanyakan hal itu. Dan waktu itu aku tidak berfikir panjang melainkan langsung menjawab, "menemukan"

Tanpa memikirkan alasan yang jelas pula kenapa aku pilih "menemukan", tidak lama kemudian dia bertanya lagi dengan nada lebih tegas dan ekspresi yang lebih meyakinkan. "Sekali lagi, menemukan atau mencari?" katanya

Lima sampai enam detik kemudian dia hanya menatapku, lalu menyudahi pembicaraan.

Selesai.

*

Setelah itu, baru lah aku malah memikirkannya. Maksudnya 'menemukan atau mencari'?

Jadi, kenapa aku memilih "menemukan"?

Penemu benua Amerika adalah Christopher Columbus. Kenapa dibilang 'penemu'? Karna dia "menemukan" benua Amerika bukan "mencari" benua Amerika.

Apa itu cukup bisa jadi alasan kenapa aku pilih "menemukan"?

Read More

Rabu, April 26, 2017

Bukan Tentang Cinta Segitiga

Aku suka dia.
Aku suka segitiga.
Dia istimewa berbeda dengan bentuk yang lain.

Apa bedanya dia dengan lingkaran?
Dia tidak membuat putaran tanpa henti melainkan tegak berdiri.
Apa bedanya dia dengan garis tegak?
Dia sadar bahwa berdiri sendirian tidak se-menyenangkan bekerja sama dengan kawan.
Apa bedanya dia dengan segiempat?
Karna pada segiempat kamu tidak akan pernah melihat puncak.

Segitiga mengajarkan bahwa setiap titik teratas selalu butuh tumpuan.
Dimana titik teratas dan tumpuan terbuat dari titik yang sama bentuk dan besarnya.
Dihubungkan dari garis dengan tebal persis.

Yang membedakan adalah arah dan posisinya.
Yang membedakan juga sudut pandang orang yang melihatnya.





Read More

Hanya Pernah Lihat Gambar-gambar Bunga di Buku Pelajaran SMA

Bukan penyuka bunga. Hanya pernah lihat gambar-gambar bunga di buku pelajaran SMA.

***

Dandelion itu keras kepala.
Meski rapuh dengan sekali tiupan, dia memilih menumbuhkan setiap bibitnya lagi yang suatu saat akan ditiup lagi.

***

Ada bunga yang setia mengikuti arah matahari dari pagi sampai pagi lagi hingga diberi nama bunga matahari.
Ada seorang yang setia memerhatikanmu dari dulu sampai hari berlalu namun tak kunjung bernama dihatimu.

***

Jika butuh waktu lama untuk bunga anggrek bisa menampakkan mahkotanya.
Maka butuh waktu lebih lama untuk bisa menampakkan aku dimatamu.

Jika bunga anggrek dikenal sebagai bunga yang tahan lama setelah melalui proses tumbuhnya yang lama.
Maka aku yakin bisa bertahan lebih lama dari itu, karna prosesku lebih lama.

Read More

Selasa, April 25, 2017

Beras.

Jika kamu mendapat cacian sebanyak beras yang kamu masak setiap pagi.

Maka, jadilah air setinggi tiga centimeter di atas permukaan beras, dan buat mereka lembek ketika matang.


Read More

Selasa, April 14, 2015

Dia yang Lain, Hidup yang Lain

Kalau satu senyuman aja, mereka bilang seribu arti.
Kalau satu senyuman aja, kata mereka bisa nutupin masalahnya dia.

Iya. Katanya ketika dia tersenyum, bisa jadi ketika itu pula dia tengah menutupi masalahnya.

Terus gimana dengan dia yang lain?
Dia yang lain yang lebih sering tersenyum.

Apa mereka kira hidupnya dia seneng-seneng aja?
Asik-asik aja?
Cuek-cuek aja?

Bisa jadi dia yang lebih banyak tersenyum, lebih banyak juga yang ditutupi.
Cuma mungkin dia lebih milih diam.

Karna mungkin dia pernah punya pikiran
Buat apa cerita,
toh orang yang benci aku nggak akan suka.
Dan mereka yang suka aku juga nggak akan butuh.

Read More

Senin, Desember 22, 2014

Dia Malaikat

Sekarang aku tau kenapa ada istilah 'malaikat tak bersayap'
Karna nyatanya tidak semua malaikat muncul dengan cara terbang dari langit.
Iya, karna malaikat nggak selalu datang dari langit, tapi dia bisa muncul dari mana saja, kapan saja dan dengan cara apapun.
Nggak cuma dengan cara terbang bahkan dengan mengejutkan dia bisa saja tiba-tiba muncul.

Ketika kita melihat keatas, tiba-tiba dia menyentuh pundak kita.
Ketika kita melihat kebawah, tiba-tiba dia mencubit pipi kita.
Ketika kita melihat kesamping, tiba-tiba dia berbisik dari sisi yg lain.
Ketika kita melihat kebelakang tiba-tiba dia menarik tangan kita berjalan kedepan.

Itu kenapa malaikat tak selalu butuh sayap untuk menjalankan tugasnya.
Karna dia punya banyak cara tanpa bergantung pada sayap.
Karna dia punya banyak cara tuk melakukan apapun yg dia inginkan.

Entah itu dengan kakinya dia menari dibawah hujan dan membuat setiap tetesnya ikut menari bersamanya.
Entah itu dengan tangannya dia bertepuk tangan membuat bising telinga-telinga yang sepi.
Entah itu dengan hatinya yang tulus dengan do'a disetiap sujud panjangnya.

Aku tau dia ada, bukan ditempat yang jauh sekali, dan bukan dilangit-langit yang tinggi itu.

Dia ada disini.
Entah melihatmu dari jauh. Mengawasi.
Atau menyentuhmu sangat lembut, sampai-sampai kamu tak merasakan hadirnya.
Dia disini.

Read More

Sabtu, Agustus 30, 2014

Nyaman

Nggak perlu alasan yang rumit untuk bisa merasa nyaman.

Karna yang namanya 'merasa' nggak perlu alasan pun juga pasti akan kerasa.

Ketika waktu terasa lebih cepat dari biasanya.
Ketika dinginnya AC tidak lagi membekukan tubuh, membunuh waktu.
Ketika tawa lebih sering muncul dari biasanya, sedikit menghangatkan.

Ketika jabat tangan dan pelukan jadi hal konyol yang mengharukan. Karna biasanya kita lebih senang menghina.

Ketika jadi 'baik' adalah hal yang mewah, karna tidak ada orang baik dan yang mengaku baik.

Kalau 'munafik' sudah bukan jadi masalah?
Terus apalagi?

Hidupmu milikmu sendiri.
Jalani, nikmati, melangkah maju.

Read More

Rabu, Juni 25, 2014

Kamu? Apalagi.

Kafein bisa jadi teman.
Kafein bisa jadi penghangat.
Kafein bisa jadi perayu.
Kafein bisa jadi candu.

Satu cangkir saja cukup malam ini.

Kamu? Sekali saja melihatmu hari ini, kurasa cukup.

Besok malam satu cangkir, besoknya lagi satu cangkir, lalu besoknya satu cangkir lagi.

Kamu? Besok melihatmu lagi walau cuma sekali sehari bukan masalah. Asal besoknya bisa melihatmu lagi. Lalu hari berikutnya bisa melihatmu lagi.

Yang namanya kafein, nggak baik kalau di konsumsi sering-sering nanti bisa bikin ketagihan. Bisa ketergantungan.

Kamu? Apalagi.

Read More

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Blogroll

Download

Apapun proses yang tengah kamu jalani, percaya deh! Kamu hebat :)

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Aku Tau Kabarmu Baik

Kau terlihat lebih wibawa kali ini. Walau bukan dengan jaket kulit dan sepatu converse limited edition kesukaanmu. Dengan jas berdasi pun,...

Popular Posts

Followers

Angka Hoki

Cari Blog Ini

Translate

Laman

Pages - Menu

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

About

About

Copyright © vikaetiana | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com